Selasa, 20 Maret 2012

8 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Dari Konsumen Anda


Informasi yang akan saya sampaikan sesaat lagi merupakan informasi yang sangat penting bagi anda. Utamanya bagi anda yang bersungguh-sungguh menekuni bisnis & wira usaha.
Informasi ini tentang konsumen. Konsumen adalah darah bisnis anda. Tanpa konsumen, keberadaan anda sama sekali tidak ada artinya. Bisnis anda bisa KO. Untuk itulah anda perlu mengetahui konsumen anda baik-baik.
Apa saja yang perlu anda tahu dari konsumen kaitannya dengan bisnis/usaha yang sedang anda bangun? 
  1. Nama & Nomor hp. Ingat baik-baik siapa nama mereka & brp nomor Hp mreka.? Siapa nama panggilannya.? Rumahnya mana.? Gunakan informasi awal itu untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan konsumen anda.
    Kalau konsumennya baru satu-dua tentu masih mudah mengingatnya, namun kalau jumlahnya sudah puluhan atau ratusan pasti akan terasa sulit. Lalu bagaimana?
    Solusinya anda wajib menjaga keakuratan pelanggan anda. Sehingga ketika ada informasi yang anda butuhkan, anda bisa mendapatkannya secara cepat. Sering-sering juga sapa para konsumen anda melalui sms singkat.
  2. Apa yang telah mereka beli. Jika anda tahu apa saja yang sudah konsumen anda beli sebelumnya, anda akan mudah mengira apa yang cocok untuk ditawarkan kemudian. Sebab anda minimal sudah tahu apa minat mereka. Perilaku konsumen ini biasanya dipelajari dalam keseharian atau nota pembelian.
  3. Seberapa sering mereka membeli. Bagi produk/layanan yang sifatnya bisa beli berulang-ulang, anda perhatikan mana konsumen yang sering membeli dari anda. Bagi yang sering membeli dari anda, berikan layanan maksimal. Bagi yang jarang membeli dari anda, lakukan pendekatan marketing lebih intens. :)
  4. Kapan terakhir kali beli. Dengan mengetahui kapan konsumen terakhir kali beli dari anda, anda tahu mana konsumen yang loyal pada anda dan mana yang “pergi” meninggalkan anda. Tugas anda kemudian adalah menjaga baik-baik konsumen loyal anda dan berusaha mendatangkan kembali mereka yang pergi.
  5. Berapa banyak yang dibelanjakan. Besar transaksi perlu juga mendapat perhatian. Semakin besar transaksi yang dilakukan, anda pasti semakin senang kan. :)
  6. Ingat interaksi terakhir yang anda lakukan. Seperti misalnya menyinggung obrolan terakhir kali berkomunikasi. Hal ini akan membuat tersebut merasa penting dan diperhatikan.
  7. Masukan konsumen. Masukan, kritikan, atau tanggapan dari pelanggan adalah obat mujarab untuk peningkatan bisnis & usaha anda. Penuhi kebutuhan konsumen anda, pasti bisnis anda akan semakin melejit.
  8. Sapaan atau ucapan selamat. Pada dasarnya semua orang butuh di hargai dan keakraban begitu pula dengan konsumen anda, sempatkan diri anda untuk menulis & membagikan pesan singkat pada saat momen-momen penting misalkan Hari Raya, Ucapkan Selamat hari raya Mohon maaf Lahir & bathin” dll. Hal itu memang sepele tapi dapat membuat konsumen anda lebih dekat dengan anda.
              Buktikan!
Salah satu keunggulan bisnis & Wirausaha adalah pasarnya yang luas & terbuka lebar. Sehingga meski anda  menjalankan usaha apapun market pasarnya masih cukup bagus.
Apa ada Cara lain menghasilkan UANG sehebat menjalankan Bisnis.?
 Saya harap anda berada di barisan terdepan penggeraknya, sekalipun di sekitar anda mungkin masih banyak yang belum sadar betapa besar potensi bisnis & peluang wira usaha.
Siapapun & dimanapun anda berada, bagi yang menjalankan Bisnis & wirausaha, saya ucapkan Selamat...!! yang berarti Sukses untuk hidup anda di masa datang.
Salam Super.
By Johan komara.

1 komentar: